Ingin CV Kamu Dilirik? Ini 7 Rahasianya

Apakah kamu seorang yang sedang mencari pekerjaan? Pernahkah kamu merasakan ketika sudah mengirim CV ke berbagai perusahaan tetapi belum juga mendapatkan panggilan interview dari perusahaan tersebut? Tentu hal itu akan membuat kamu berfikir bahwa ada sesuatu yang salah dari CV yang sudah dikirimkan.

Tahukah kamu? Setiap HRD perusahaan hanya membaca point-point penting saja pada CV pelamarnya. Jika CV yang kamu kirimkan tidak menarik, sudah pasti mereka tidak akan menghabiskan waktu lama untuk membaca CV kamu lebih jauh lagi.

Well, kamu tidak perlu khawatir lagi, yuk kita bahas 7 rahasia agar CV kamu terlihat menarik.

  1. Singkat padat

    Sebaiknya kamu tidak perlu membuat banyak halaman untuk menjelaskan siapa dirimu. Buatlah informasi yang ada di CV jelas dan padat, jangan memasukan hal tidak penting dalam CV kamu.

  2. Perhatikan pekerjaan yang dilamar

    Ini adalah salah satu hal yang penting ketika kamu ingin melamar suatu pekerjaan. Pastikan kamu melamar pekerjaan sesuai dengan role yang kamu miliki. Misal saja, kamu memiliki role dan kemampuan dibidang programmer, tetapi kamu malah melamar sebagai graphic design.

  3. Data diri

    Tak kenal maka tak sayang. Peribahasa tersebut memang benar adanya, mengapa? Data diri juga merupakan salah satu informasi penting yang harus ada dalam CV kamu. Bagaimana jika pada bagian data diri tidak terdapat kontak yang dapat dihubungi saat perusahaan ingin menghubungimu secara langsung.

  4. Pengalaman kerja

    Seorang HRD dapat memberikan nilai lebih ketika kamu memiliki segudang pengalaman pada bidang yang sedang kamu tekuni, hal ini menjadi suatu pertimbangan yang penting bagi HRD. Lalu bagaimana jika kamu seorang fresh graduate? Buat kamu yang belum memiliki pengalaman di dunia pekerjaan, kamu bisa menuliskan pengalaman berorganisasi, freelance atau pengalaman magang.

  5. Skills

    Menuliskan kemampuan memang bisa menjadi satu pertimbangan HRD untuk melirik CV  yang kamu kirimkan. Tulislah semua kemampuan yang kamu miliki dan pastikan kemampuan yang kamu tulis berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

  6. Portfolio

    Portfolio ini akan menjadi sangat penting ketika kamu melamar pekerjaan dibidang kreatif. Biasanya HRD akan meminta kamu untuk membawa portfolio sebagai pertimbangan yang cukup besar.

  7. Desain

    Terakhir adalah desain, tidak memungkiri bahwa dengan memberikan sentuhan desain yang manis akan membuat HRD tidak bosan-bosan melihat CV kamu.

Share this article: